Minggu, 08 Maret 2009

Bali


Bali begitu mempesona dunia. Semua orang berusaha untuk datang dan menikmati keindahannya. Nama-nama seperti Kuta, Sanur, Ubud, Bedugul, Kintamani, Tanah Lot, Uluwatu, begitu familiar sampai ke manca negara. Walaupun begitu, orang tidak banyak tahu bahwa Bali masih banyak menyimpan keindahan yang belum di kenal. Salah satunya Bali bagian timur.
Penulis cukup beruntung, diundang oleh Bpk. Anak Agung Jelantik yang masih terhitung keturunan Raja Karangasem untuk bersama-sama merayakan Siwaratri. Salah satu hari bersejarah bagi masyarakat Hindu Bali. Hari dimana Lubdaka suatu ketika harus menginap di hutan. Dia terpaksa harus memanjat pohon, agar tidak dimakan binatang buas. Untuk mempertahankan agar dia tidak tertidur dan jatuh dari pohon, maka dia membaca beberapa lontar karya sastra yang mengandung nilai spiritual yang tinggi.


ImageJadilah, hari Sabtu 24 Januari 2009 penulis diterima Bpk. Anak Agung Jelantik di Taman Ujung Karangasem. Taman air yang indah ini dibangun oleh Raja Karangasem pada tahun 1629. Luasnya 8 Ha. Sudah direnovasi, dan menelan biaya + Rp. 10 Milyar.
Malam itu Bpk. Jelantik mengundang beberapa ahli tembang Bali untuk membacakan lontar tulisan Raja Karangasem terakhir Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem, dan penterjemahnya. Penulis kagum kepada anak muda yang membaca lontar dengan tembang Durma (sayang penulis tidak menanyakan namanya), dan diterjemahkan oleh ahlinya yang sudah berumur. Beberapa kali Bpk. A.A. Jelantik menjelaskan arti dari tembang tsb. Yang paling prinsip adalah bahwa kita berasal dari tidak ada, menjadi ada, dan akan kembali menjadi tidak ada lagi. Sungguh suatu filosofi yang tinggi. Setelah pembacaan selesai, malam itu penulis menginap di Taman Ujung. Di salah satu ruangan yang diperuntukkan bagi tamu raja. Wah, jadi merasa spesial banget dah.
Yang cukup istimewa, kami sempat diajak menyaksikan Tari Cak versi Karangasem. Bpk. Anak Agung Jelantik mengatakan sedang berusaha menggalang dan membentuk grup Tari Cak yang akan ditampilkan secara periodik. Usaha ini mudah2an akan menarik semakin banyak wisatawan ke Karangasem. Selain melihat Taman Ujung, Taman Tirta Gangga dan Puri Karangasem, wisatawan akan memiliki atraksi lain yang cukup menarik untuk disaksikan.

1 komentar on "Bali"

Unknown on 17 September 2015 pukul 08.23 mengatakan...

Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

Posting Komentar

G we ni

Foto saya
Caruban Madiun, Jatim, Indonesia
Hidup adalah hidup......hidup adalah menentukan pilihan atau tidak menentukan pilihan sama sekali.

Shobat

Bali Villas
Site Meter Education - Top Blogs Philippines
ANTI free sex & film porno Indonesia IndoTopBlog, Kumpulan Blog dan Situs Indonesia
Bookmark and Share
 

KEINDAHAN Copyright 2008 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Supported by Tadpole's Notez